Cara Membuat Adonan Tekwan Ikan yang Lezat dan Mudah

Cara Membuat Adonan Tekwan Ikan yang Lezat dan Mudah

Apakah Anda salah satu penggemar hidangan asal Palembang, tekwan ikan? Mungkin Anda sudah mencoba mencari resep cara membuat adonan tekwan ikan yang lezat namun selalu gagal atau merasa sulit untuk dibuat. Artikel ini akan membantu Anda untuk membuat adonan tekwan ikan yang mudah dan enak di rumah.

Untuk membuat adonan tekwan yang sempurna, dibutuhkan beberapa bahan dan tahapan yang penting agar hasilnya lembut, kenyal, dan tidak pecah saat dimasak. Di dalam artikel ini juga akan dijelaskan jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai cara membuat adonan tekwan ikan di Indonesia.

Apa Sih Tekwan Ikan Itu?

Sebelum kita mulai meracik adonan tekwan, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu tekwan. Tekwan adalah hidangan asli Palembang yang terbuat dari campuran adonan tepung kanji, ikan, atau udang yang dicetak bulat-bulat dan direbus dalam kuah kaldu bening yang lezat. Biasanya ditambah dengan irisan daun bawang dan bawang goreng sebagai topping.

Membuat Adonan Tekwan Ikan

Tekwan ikan memiliki rasa gurih dan lembut di bagian dalamnya karena daging ikan yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan tepung kanji. Selain itu, hidangan ini biasanya juga dimakan sebagai hidangan pembuka atau sebagai menu utama saat makan bersama keluarga.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat adonan tekwan ikan yang lezat dan mudah, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa bahan yang perlu dipersiapkan:

– 250 gram ikan tenggiri yang dipisahkan dagingnya dari tulang dan kulitnya
– 200 gram tepung kanji
– 2 butir telur ayam yang diambil putihnya saja
– 1 siung bawang putih ukuran sedang yang dihaluskan
– 1 sdt garam, atau sesuai selera
– 1/2 sdt merica bubuk
– 400 ml air kaldu ayam atau udang

Untuk kuahnya, bahan yang diperlukan antara lain bawang putih, bawang bombai, jahe, merica bubuk, dan garam. Selain itu, bisa ditambahkan irisan daun seledri, daun bawang dan ebi.

Cara Membuat Adonan Tekwan Ikan

Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, berikut ini adalah cara membuat adonan tekwan ikan:

1. Haluskan ikan tenggiri yang sudah dipisahkan dagingnya, haluskan hingga lembut.
2. Campurkan ikan yang sudah dihaluskan dengan tepung kanji, putih telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan merica. Adonan bisa diaduk menggunakan sendok atau kocokan telur hingga tercampur rata.
3. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi agak cair. Panggang adonan diatas wajan yang dioleskan minyak agar tidak lengket. Setelah agak mengeras, adonan dapat dipotong kotak-kotak kecil.
4. Isi kaldu udang/ ayam dalam panci dan masak hingga mendidih. Tambahkan garam, lada bubuk, kecap ikan.
5. Masukkan adonan tekwan dalam panci hingga matang dan tampil melayang diatas kuah.
6. Tekwan ikan siap disajikan.

Bagaimana Agar Tekwan Tidak Pecah?

Ada beberapa faktor yang dapat membuat adonan tekwan pecah saat dimasak. Berikut ini adalah beberapa tips agar adonan tekwan tidak pecah saat dimasak:

– Aduk adonan dengan baik. Pastikan adonan telah tercampur rata sebelum dicetak.
– Hindari mengaduk adonan terlalu banyak sehingga adonan tidak terlalu lembek.
– Tekan-tekan adonan secara lembut saat mencetak supaya bagian-bagiannya merata.
– Tepung kanji yang ditambahkan ke adonan harus sesuai takaran. Terlalu banyak tepung kanji bisa membuat adonan lebih keras dan cenderung pecah saat dimasak.

Berapa Lama Adonan Harus Dicampur?

Waktu mengaduk adonan tekwan harus terus diperhatikan agar hasilnya maksimal. Agar adonan tekwan ikan enak dan kenyal, adonan perlu diaduk terus selama 20-30 menit sampai menjadi agak-padat agak cair. Hal tersebut agar adonan cukup elastis sehingga saat dicetak tidak mudah retak atau pecah.

Berapa Jumlah Ikan yang Dibutuhkan?

Bahan utama untuk membuat tekwan ikan adalah ikan tenggiri yang dipisahkan dagingnya dari tulang dan kulitnya. Jumlah ikan yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada kebutuhan dan jumlah porsi yang ingin dibuat. Pada umumnya, untuk membuat 10-15 butir tekwan ikan diprelehkan 250 gram ikan tenggiri.

Apa Sajakah Bahan lainnya Untuk Membuat Kuah Tekwan?

Selain ikan dan tepung kanji, untuk membuat kuah tekwan kita memerlukan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang bombai, jahe, kecap ikan, serta cabai rawit dan air kaldu ayam atau udang. Bumbu-bumbu tersebut nantinya akan memberikan rasa umami dan nikmat pada hidangan tekwan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan jawaban atas pertanyaan yang sering muncul mengenai cara membuat adonan tekwan ikan yang enak dan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Tekwan ikan adalah hidangan yang cocok untuk acara keluarga atau makan malam bersama teman-teman. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan menciptakan cita rasa yang khas untuk dikonsumsi bersama orang terdekat.