Cara Membuat Adonan Siomay Ikan

Siomay adalah salah satu camilan khas Indonesia yang terbuat dari ikan atau daging yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis. Camilan yang biasa disajikan dengan saus kacang ini sangat digemari oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Namun, sebelum membuat siomay, hal yang paling penting adalah membuat adonan siomay ikan terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat adonan siomay ikan yang mudah dan praktis.

Cara Membuat Adonan Siomay Ikan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan siomay ikan ini sangatlah sederhana dan mudah didapatkan di pasaran atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

– 300 gram ikan tenggiri fillet
– 100 gram tepung tapioka
– 2 butir putih telur
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok teh merica bubuk

Setelah mendapatkan semua bahan di atas, Anda bisa mulai membuat adonan siomay ikan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan wadah yang bersih dan kering. Potong ikan tenggiri fillet menjadi ukuran kecil-kecil dan masukkan ke dalam wadah tersebut.
2. Tambahkan tepung tapioka, putih telur, garam, dan merica bubuk ke dalam wadah yang berisi potongan ikan tenggiri fillet tadi.
3. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
4. Setelah itu, giling adonan ikan dengan menggunakan food processor. Hal ini dilakukan agar adonan ikan lebih halus dan lembut. Jika tidak memiliki food processor, bisa juga menggunakan blender atau chopper.
5. Jika adonan ikan sudah halus dan lembut, kemudian lembaran kulit pangsit yang sudah disiapkan, ambil sejumput adonan ikan lalu bungkus dengan kulit pangsit. Lipat ujung-ujung kulit pangsit supaya adonan siomay tidak keluar saat dimasak.
6. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan ikan habis. Setelah itu, siomay siap untuk di kukus selama 15 – 20 menit.

Sangat mudah dan praktis bukan mendapatkan adonan siomay ikan yang lezat. Anda bisa mempraktekkan cara membuat adonan siomay ikan di rumah dengan mudah meskipun baru pertama kali.

Frequently Asked Questions

Bagaimana Cara Membuat Siomay Yang Lezat?

Agar siomay yang Anda buat lezat, harus memperhatikan takaran bahan yang digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk menggiling adonan ikan dengan menggunakan food processor agar lembut dan tidak kasar. Kemudian, saat mengukus siomay, jangan terlalu lama agar siomay tidak terlalu kering.

Dapatkah Menggunakan Tepung Terigu?

Tidak sebaiknya menggunakan tepung terigu karena akan membuat siomay menjadi keras dan tidak lembut. Lebih baik menggunakan tepung tapioka karena tepung ini akan membuat siomay menjadi lebih kenyal.

Berapa Lama Waktu Pengukusan Yang Tepat?

Pengukusan siomay memerlukan waktu 15-20 menit. Agar siomay tidak terlalu panas, diamkan siomay tersebut selama 5-10 menit sampai suhu siomay cukup hangat sebelum disajikan.

Bisakah Siomay Ini Disimpan Dalam Kulkas?

Bisa. Setelah siomay di kukus, segera letakkan siomay di dalam kulkas untuk mendinginkan. Simpan siomay dalam wadah yang tertutup agar siomay tetap terjaga kelembapannya. Siomay yang sudah disimpan dalam kulkas bisa tahan selama 2-3 hari.

Dapatkah Mengunakan Jenis Ikan Lain Selain Ikan Tenggiri?

Bisa. Jenis ikan bisa menggunakan ikan laut seperti ikan tenggiri, ikan mackerel, ikan salmon, atau ikan kakap. Pastikan untuk tidak menggunakan ikan yang bau atau sudah terlalu lama dalam kulkas.

Conclusie

Itulah cara membuat adonan siomay ikan yang mudah dan praktis. Anda bisa membuat sendiri di rumah dan menyajikannya untuk keluarga atau rekan-rekan. Selamat mencoba!