Cara Membuat Adonan Sempolan, Resep dan Langkah-Langkah Mudahnya

Cara Membuat Adonan Sempolan, Resep dan Langkah-Langkah Mudahnya

Siapa yang tidak kenal dengan kue kering yang satu ini? Ya, itu adalah adonan sempolan. Kue yang satu ini memang cukup populer di Indonesia, terutama sebagai teman ngopi ataupun camilan di waktu luang. Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih membuat kue ini cocok disajikan bersama keluarga atau teman-teman. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara membuat adonan sempolan yang benar. Berikut adalah resep dan langkah-langkahnya!

Resep Adonan Sempolan

Sebelum mengawali pembuatan, pastikan bahan-bahan berikut ini sudah siap:

– 150 gram tepung terigu protein rendah
– 50 gram maizena
– 75 gram gula pasir
– 100 gram mentega atau margarin, suhu ruang
– 1 butir telur ayam
– 1 sendok teh baking powder
– Secukupnya garam
– 1 sendok makan susu bubuk
– 2 sendok makan air daun pandan

Cara Membuat Adonan Sempolan

Langkah-Langkah Cara Membuat Adonan Sempolan

Setelah semua bahan siap, Anda dapat langsung memulai langkah-langkah pembuatan adonan sempolan. Simak beberapa langkah berikut ini:

1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, maizena, gula pasir, baking powder, garam, dan susu bubuk ke dalam mangkuk. Kemudian aduk hingga rata.

2. Tambahkan mentega atau margarin, telur, dan air daun pandan. Aduk semua bahan hingga adonan tercampur dengan baik. Pastikan tidak ada gumpalan pada adonan.

3. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

4. Ambil adonan seukuran kelereng, lalu bentuk adonan menjadi silinder dengan panjang sekitar 10 cm.

5. Tahap terakhir, ratakan adonan dan pastikan adonan sama tebal. Kemudian, potong-potong adonan dengan ukuran sekitar 1 cm hingga bentuk sempolan.

6. Siapkan loyang yang telah diolesi dengan mentega atau margarin. Sajikan adonan sempolan pada loyang tersebut.

7. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius. Setelah oven panas, panggang adonan sempolan selama 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.

8. Angkat adonan sempolan dari oven, biarkan dingin secara alami hingga suhu ruang.

Nah, itulah cara membuat adonan sempolan dengan mudah dan praktis.

Soal Jawab Seputar Cara Membuat Adonan Sempolan

Selain resep dan langkah-langkah cara membuat adonan sempolan, Anda juga perlu tahu beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kue kering yang satu ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan tersebut.

1. Kapan Tepatnya Adonan Sempolan Sebaiknya Dipanggang?

Jawaban: Adonan sempolan sebaiknya dipanggang setelah adonan sempolan terbentuk dan dapat dipotong-potong dengan ukuran sekitar 1 cm. Panggang di atas loyang hingga berwarna kuning kecoklatan, yakni selama kurang lebih 20-25 menit.

2. Apakah Ada Bahan Pengganti Untuk Susu Bubuk?

Jawaban: Ya, jika tidak memiliki susu bubuk Anda dapat menggantinya dengan santan cair sebanyak 50 ml. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air daun pandan yang lebih banyak untuk memberikan cita rasa pada adonan sempolan.

3. Bagaimana Cara Mengatasi Adonan Sempolan yang Mudah Hancur?

Jawaban: Adonan sempolan yang mudah hancur biasanya disebabkan oleh ketebalan yang tidak merata. Oleh karena itu, pastikan setiap potongan adonan memiliki tebal yang sama. Selain itu, jangan memotong adonan terlalu tipis, sehingga adonan tidak mudah hancur saat dipanggang.

4. Apakah Adonan Sempolan Bisa Disimpan untuk Beberapa Hari?

Jawaban: Ya, adonan sempolan biasanya dapat disimpan dalam wadah tertutup selama beberapa hari. Namun, pastikan suhu ruangan sekitar 22-25 derajat celcius dan jauhkan dari paparan sinar matahari. Dalam penyimpanan, pastikan suhu ruangan mencukupi agar adonan sempolan tidak mudah lembek.

5. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Sempolan Tidak Kembang?

Jawaban: Adonan sempolan yang kurang kembang biasanya disebabkan oleh pemakaian baking powder yang tidak cukup atau tidak merata. Pastikan untuk memposisikan baking powder di tengah atau di bawah adonan sempolan saat mencampur bahan-bahan. Selain itu, pastikan jumlah baking powder cukup dengan takarannya yaitu satu sendok teh untuk setiap adonan.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai cara membuat adonan sempolan. Semoga dapat membantu dan memperjelas informasi yang Anda butuhkan. Itulah resep dan langkah-langkah mudah dalam membuat adonan sempolan. Selamat mencoba!