Cara Membuat Adonan Roti Maryam

Cara Membuat Adonan Roti Maryam

Pernahkah Anda mencicipi roti Maryam yang lezat dan kenyal? Roti yang biasa dijual di warung atau pedagang kaki lima ini memang memiliki banyak penggemar, baik anak-anak maupun dewasa. Anda juga bisa membuatnya di rumah dengan mudah lho! Tidak terlalu sulit, hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Yuk, simak cara membuat adonan roti Maryam.

Cara Membuat Adonan Roti Maryam

Cara Membuat Adonan Roti Maryam

Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan adonan roti Maryam, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

– Tepung terigu (500 gram)
– Air hangat (300 ml)
– Gula pasir (1 sendok teh)
– Garam (1 sendok teh)
– Minyak sayur (2 sendok makan)
– Ragi instant (1 ½ sendok teh)

Langkah-Langkah

Setelah menyiapkan bahan-bahan, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam ke dalam wadah yang cukup besar.
2. Aduk-aduk sampai bahan-bahan tercampur rata.
3. Tambahkan ragi instant ke dalam campuran tepung terigu, gula pasir, dan garam.
4. Aduk-aduk lagi sampai ragi tercampur rata.
5. Tambahkan air hangat ke dalam bahan-bahan kering tadi. Secara bertahap, sambil diuleni terus. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
6. Tetesi dengan minyak sayur, kemudian uleni lagi sampai rata dan elastis.
7. Tutup adonan dengan serbet atau plastik wrap dan diamkan selama 30-60 menit di tempat yang hangat agar adonan mengembang.

Bagaimana Menggoreng Roti Maryam

Setelah itu, adonan roti Maryam sudah bisa dilanjutkan ke tahap penggorengan. Berikut adalah tahap-tahapnya:

1. Ambil adonan yang sudah mengembang tadi dan giling sebesar kelapa.
2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
3. Bulatkan adonan dan pipihkan dengan ukuran yang sesuai.
4. Panaskan wajan atau teflon secara perlahan.
5. Jangan ditambahkan minyak pada wajan atau teflon, cukup digoreng di atas api kecil hingga matang dan berwarna kecoklatan, baik dari sisi satu maupun sisi lainnya.
6. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

FAQ

Setelah mengetahui cara membuat adonan roti Maryam, mungkin Anda mengalami beberapa hal saat membuatnya. Berikut adalah beberapa FAQ mengenai cara membuat adonan roti Maryam yang sering ditanyakan.

1. Mengapa adonan yang saya buat tidak mengembang?

Ada beberapa alasan mengapa adonan roti Maryam yang Anda buat tidak mengembang. Salah satunya yaitu ragi yang dipakai tidak fresh atau sudah kadaluwarsa. Selain itu, bahan yang digunakan juga harus pas dan tepat. Pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang tepat, cairan dalam adonan harus ditambahkan perlahan-lahan sambil diuleni sedikit-sedikit agar adonan tidak terlalu basah atau terlalu kering.

2. Bagaimana cara membuat roti Maryam yang lebih kecil?

Untuk membuat roti Maryam yang lebih kecil, Anda bisa membagi adonan menjadi lebih banyak bagian, kemudian pipihkan adonan menjadi lebih tipis. Dalam penggorengan, waktu yang dibutuhkan untuk matang juga akan lebih singkat.

3. Bagaimana memeriksa kelembaban adonan?

Satu cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa kelembaban adonan adalah dengan mengambil sedikit adonan dan membolak-balikkan antara kedua telapak tangan. Adonan yang pas harus dapat membentuk bola lembut tanpa terlalu menempel pada tangan.

Demikianlah cara membuat adonan roti Maryam yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa memilih ukuran roti sesuai dengan selera Anda. Semoga bermanfaat!