Cara Membuat Adonan Pisang Ijo

Cara Membuat Adonan Pisang Ijo

Siapa yang tidak kenal dengan kudapan tradisional dari daerah Sumatera, tepatnya Palembang, yaitu pisang ijo. Makanan yang terbuat dari pisang yang dikupas kulitnya kemudian dibalur oleh adonan yang terbuat dari tepung ketan, air daun pandan dan beberapa bahan lainnya ini memiliki cita rasa yang khas dan membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya. Tidak hanya di Palembang, namun kudapan ini sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia dan untuk membuatnya sendiri di rumah pun mudah. Berikut cara membuat adonan pisang ijo yang sangat sederhana dan dapat dicoba di rumah.

Bahan Membuat Adonan Pisang Ijo

Untuk membuat adonan pisang ijo, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 200 gram tepung ketan
  2. 150 ml air daun pandan
  3. 50 gram tepung tapioka
  4. 50 gram gula pasir
  5. 1/4 sendok teh garam
  6. 1 sendok makan minyak goreng
  7. Pisang kepok secukupnya
  8. Daun pisang secukupnya
  9. Essence pandan secukupnya (Opsional)

Untuk mendapatkan adonan terigu yang tepat, pastikan untuk membeli bahan yang berkualitas. Jangan ragu untuk membeli bahan-bahan yang lebih mahal asalkan berkualitas karena ini dapat mempengaruhi hasil akhir dari adonan.

Cara Membuat Pisang Ijo

Cara Membuat Adonan Pisang Ijo

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, berikut langkah-langkah membuat adonan pisang ijo yang simple dan mudah:

  1. Pisang dipotong menjadi dua dan kemudian dikupas kulitnya.
  2. Ambil daun pisang dan kemudian dibersihkan, kemudian potong menjadi seukuran dengan pisang.
  3. Siapkan wadah yang digunakan untuk membuat adonan. Kemudian campurkan tepung ketan, tepung tapioka, gula pasir, dan garam.
  4. Tambahkan air daun pandan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga semuanya tercampur rata. Aduk hingga adonan tidak bergerindil dan agak encer.
  5. Tetesi minyak goreng pada tikar yang digunakan untuk membungkus adonan. Kemudian ambil selembar daun pisang yang sudah dipotong tadi, letakkan di atas tikar. Letakkan setengah dari adonan tepung tadi di atas daun pisang tersebut. Ratakan adonan dengan menggunakan sendok atau spatula.
  6. Letakkan pisang kepok di atas lapisan adonan tadi dan kemudian tutup lagi dengan lapisan adonan. Ratakan kembali adonan agar merata di atas pisang.
  7. Kemudian bungkuslah adonan dan pisang tersebut dengan menggunakan daun pisang secara rapat tetapi jangan terlalu ketat. Lakukan Cara yang sama dengan sisa bahan yang ada.
  8. Setelah selesai dibungkus, masukkan adonan pisang ijo ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus selama kurang lebih 30 – 45 menit dengan api sedang.
  9. Setelah adonan matang, angkat dan sisihkan. Pisang ijo siap dihidangkan.

Mudah kan? Walau bagi yang baru pertama kali mencoba, mungkin perlu bantuan waktu pertama kali membungkus, tetapi setelah sedikit berlatih, pasti akan sangat mudah.

Frequently Asked Questions

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cara membuat adonan pisang ijo:

Bagaimana cara mengetahui apakah adonan tepung sudah cukup?

Untuk mengetahui apakah adonan tepung sudah dianggap cukup, cobalah mengambil adonan dengan menggunakan sendok atau spatula. Tekan-tekan adonan tersebut dan sentuh dengan jari, bila terasa kenyal dan tidak bergerindil, artinya adonan sudah cukup dan bisa digunakan.

Apa Saat yang tepat untuk mengukus adonan pisang ijo?

Saat merebus air untuk kukusan, siapkan lah adonan tersebut dan bungkuslah dengan daun pisang dan masukkan ke dalam kukusan. Jangan menunggu terlalu lama untuk mengukus adonan pisang tersebut, sebaiknya langsung kukus setelah adonan tersebut siap dibungkus.

Bisakah Menggunakan Pisang yang Telah Matang?

Tidak disarankan untuk menggunakan pisang yang sudah matang atau terlalu lembek. Karena nantinya tidak akan mendapatkan hasil yang bagus saat memasaknya. Sebaiknya gunakan pisang yang masih terasa agak keras tapi tidak terlalu matang.

Haruskah membuat adonan ketan dan tepung tepung secara terpisah?

Tidak perlu diaduk tepung ketan dan tepung tapioka menjadi satu, bisa langsung dicampurkan agar lebih efektif. Kemudian campurkan semua bahan lainnya dan aduk hingga tercampur merata.

Apakah perlu menambahkan essence pandan pada adonan?

Essence pandan hanya ditambahkan untuk memberikan aroma pandan yang lebih kuat pada adonan. Bila tidak ada, tidak perlu dipaksakan atau diganti dengan pengharum lainnya.

Mudah dan simpel bukan? Demikianlah cara membuat adonan pisang ijo beserta dengan beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar topik ini. Selamat mencoba membuat adonan pisang ijo sendiri di rumah dan nikmati kudapan tersebut bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!