Cara Membuat Adonan Pastel yang Lezat dan Praktis di Rumah

Cara Membuat Adonan Pastel yang Lezat dan Praktis di Rumah

Pastel adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terkenal dengan kulit pastel yang renyah dan isian yang lezat. Pastel dapat ditemukan di mana saja, dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah.

Namun, bagaimana jika Anda ingin membuat adonan pastel sendiri di rumah? Ternyata, membuat adonan pastel tidak sulit! Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk membuat adonan pastel yang lezat dan praktis di rumah.

Cara Membuat Adonan Pastel Lezat

Cara Membuat Adonan Pastel Lezat

Langkah 1: Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan adonan pastel, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan pastel:

– 200 gram tepung terigu
– 50 gram mentega atau margarin
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok teh gula pasir
– 1 butir telur ayam
– 100 ml air dingin
– Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah 2: Menggoreng Mentega atau Margarin

Langkah pertama dalam membuat adonan pastel adalah melelehkan mentega atau margarin. Caranya, panaskan mentega atau margarin di atas api kecil hingga benar-benar meleleh. Setelah itu, matikan api dan dinginkan mentega atau margarin selama beberapa menit.

Langkah 3: Menyaring Tepung Terigu

Setelah mentega atau margarin dingin, saring 200 gram tepung terigu ke dalam mangkuk besar. Tambahkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula pasir ke dalam mangkuk dan aduk rata.

Langkah 4: Menambahkan Telur dan Air Dingin

Setelah tepung terigu dicampur dengan garam dan gula pasir, buatlah lubang di tengah adonan. Pecahkan 1 butir telur ayam di dalam lubang dan campurkan dengan sedikit tepung terigu di sekitarnya. Tambahkan 100 ml air dingin ke dalam lubang dan aduk adonan dengan menggunakan sendok kayu atau spatula.

Langkah 5: Menambahkan Mentega atau Margarin yang Sudah Meleleh

Tambahkan mentega atau margarin yang sudah meleleh ke dalam adonan pastel dan aduk kembali hingga merata. Kemudian, uleni adonan secara manual hingga kalis selama kurang lebih 15 menit. Bila adonan sudah kalis, buatlah bola adonan dan istirahatkan selama 30-45 menit.

Frequently Asked Questions tentang Cara Membuat Adonan Pastel

1. Apakah adonan pastel harus dengan minyak goreng?

Tidak harus, dalam membuat adonan pastel dapat menggunakan susu atau air dingin. Namun, untuk mendapatkan tekstur kulit pastel yang renyah dan empuk, sebaiknya menggunakan minyak goreng.

Jawaban

Penggunaan minyak goreng memiliki peran penting dalam menghasilkan tekstur kulit pastel yang tepat. Minyak goreng dapat membantu adonan tercampur dengan baik serta membuatnya lebih lentur. Selain itu, minyak goreng juga menghasilkan pastel yang tidak lengket di tangan saat membuat bentuk pastel.

2. Kenapa adonan harus didinginkan?

Proses pendinginan adonan setelah diuleni secara manual memungkinkan adonan menjadi elastis dan lentur, dan yang terpenting menghilangkan gluten yang dibuat saat tepung dan air dicampur. Hal ini akan membuat kulit pastel menjadi empuk dan renyah saat digoreng.

Jawaban

Menyimpan adonan di lemari es selama minimal 30 menit merupakan salah satu tahapan penting dalam pembuatan adonan pastel. Proses pembiakan ini berguna untuk memastikan kualitas tekstur adonan, menambah kerapian dan ketahanannya saat dioper sesuai dengan trekan waktu.

3. Apakah adonan pastel bisa disimpan di freezer?

Iya, adonan pastel dapat disimpan di dalam freezer untuk digunakan di kemudian hari. Pastikan adonan dalam keadaan dalam kantong plastik kedap udara agar adonan tidak kering atau terkena bau freezer.

Jawaban

Adonan pastel yang disimpan di dalam freezer dapat membuat proses pembuatan pastel lebih mudah dan cepat. Pastikan untuk membekukan adonan pada suhu yang sangat rendah dan jangan terlalu lama dalam waktu beberapa hari. Bagi adonan kedalam ukuran yang diinginkan untuk mempermudah proses pembuatan pastel.

4. Apakah tepung terigu protein tinggi atau rendah cocok untuk membuat adonan pastel?

Tepung terigu protein rendah lebih cocok untuk membuat adonan pastel. Tepung terigu protein rendah menghasilkan pastel dengan tekstur yang lebih lembut daripada tepung terigu protein tinggi.

Jawaban

Pemilihan tepung terigu memiliki peranan krusial dalam keberhasilan pembuatan adonan pastel. Tepung terigu protein rendah biasa digunakan dalam pembuatan kue-kue ringan seperti pastel karena dapat menghasilkan pastel dengan tekstur kulit yang tebal- tipis dan mudah digoreng. Sebaliknya tepung terigu protein tinggi lebih baik digunakan dalam pembuatan roti karena proses fermentasi yang lebih lama.

5. Apa yang membuat kulit pastel mengembang saat digoreng?

Kulit pastel mengembang saat digoreng karena adonan memiliki kandungan air yang membuat uap terbentuk selama proses penggorengan. Selain itu, penggunaan tepung terigu protein rendah dan penggunaan minyak goreng yang memadai juga dapat membantu kulit pastel mengembang.

Jawaban

Faktor-faktor yang membuat kulit pastel mengembang adalah ditandai dengan proses diatas suhu panas minyak goreng dan penambahan area permukaann demi meratakan permukaan dari teknsitur adonan. Proses penggorengan yang tepat dapat menghasilkan pastel dengan kulit yang renyah, empuk, dengan isian yang lezat. Namun harus diingat bahwa tekstur yang sempurna pada pastel akan terwujud dengan penggorengan pengaturan suhu dan waktu yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat adonan pastel yang lezat dan praktis di rumah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan benar dan jangan lupa untuk menambahkan isian favorit Anda untuk membuat pastel yang lebih lezat. Selamat mencoba!