Cara Membuat Adonan Pastel Kering

Cara Membuat Adonan Pastel Kering

Pastel merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di berbagai daerah. Pastel adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan berbagai macam sayuran dan daging. Selain enak, pastel juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara membuat adonan pastel kering yang dapat dijadikan sebagai base untuk membuat pastel yang enak dan lezat.

Cara Membuat Adonan Pastel Kering

Cara Membuat Adonan Pastel Kering

Langkah 1: Siapkan Bahan-bahan

Langkah pertama dalam membuat adonan pastel kering adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan pastel kering:

  • 300 gram terigu protein rendah
  • 100 gram margarin
  • 1 butir telur ayam
  • 50 ml air dingin
  • 1 sdt garam

Pastikan semua bahan di atas sudah tersedia dan dalam keadaan segar agar hasil pastel yang dihasilkan lebih nikmat dan enak.

Langkah 2: Campurkan Tepung, Margarin, dan Garam

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung terigu, margarin dan garam. Caranya, tuangkan tepung terigu, margarin, dan garam ke dalam mangkuk besar dan aduk rata menggunakan tangan.

Pastikan campuran tepung dan margarin tercampur secara merata dan tidak ada bagian yang menggumpal atau belum tercampur dengan baik.

Langkah 3: Tambahkan Telur dan Air

Setelah tepung, margarin, dan garam tercampur rata, langkah selanjutnya adalah menambahkan telur dan air dingin. Telur digunakan untuk memberikan kelembutan pada adonan pastel kering, sedangkan air dingin digunakan untuk membentuk adonan pastel kering yang mudah diolah.

Aduk semua bahan dengan menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras, agar adonan dapat dijadikan sebagai base untuk membuat pastel.

Langkah 4: Diamkan Adonan

Setelah adonan tercampur rata dan kalis, diamkan adonan selama 30 menit sampai 1 jam. Hal ini bertujuan agar adonan pastel kering dapat mengembang dan lebih mudah diolah.

Selama menunggu, pastikan adonan tetap terjaga kelembutan dan tidak terlalu mengeras. Setelah sesuai waktu, adonan siap digunakan untuk membuat pastel.

Frequently Asked Questions

Bagaimana Cara Menyimpan Adonan Pastel Kering?

Untuk menyimpan adonan pastel kering, Anda cukup membungkusnya dengan plastik wrap dan simpan di lemari es. Pastikan adonan dalam keadaan rapat dan tidak terkena udara.

Bolehkah Menggunakan Margarin Biasa?

Ya, Anda bisa menggunakan margarin biasa untuk membuat adonan pastel kering. Namun, pastikan margarin yang digunakan adalah margarin yang tahan panas, sehingga adonan tidak mudah hancur dan leleh saat diolah.

Bisa Mengganti Terigu dengan Tepung Panggang?

Tidak direkomendasikan mengganti terigu dengan tepung panggang karena keduanya memiliki kandungan protein yang berbeda, sehingga dapat mempengaruhi hasil akhir dari adonan pastel kering. Pastikan menggunakan tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah agar adonan dapat digunakan sebagai base untuk membuat pastel.

Bisakah Adonan Pastel Kering Dibekukan?

Ya, adonan pastel kering dapat dibekukan. Pastikan adonan dalam keadaan rapat dan disimpan di dalam kantong plastik sebelum dibekukan. Adonan dapat bertahan hingga 1 bulan di dalam freezer sebelum digunakan.

Bisa Mengganti Telur dengan Bahan Lain?

Tidak disarankan mengganti telur dengan bahan lain karena telur berfungsi untuk memberikan kelembutan pada adonan pastel kering. Jika penggantian dilakukan, maka adonan pastel kering tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Kesimpulan

Adonan pastel kering dapat dijadikan sebagai base untuk membuat pastel yang enak dan lezat. Dalam membuat adonan pastel kering, pastikan menggunakan bahan-bahan yang segar dan dalam kondisi baik. Setelah adonan siap, pastikan diamkan adonan selama 30 menit sampai 1 jam sebelum digunakan.

Dengan mengetahui cara membuat adonan pastel kering, Anda sudah dapat membuat berbagai macam pastel yang nikmat dan lezat di rumah. Selamat mencoba!