Cara Membuat Adonan Onde-Onde

Cara Membuat Adonan Onde-Onde

Onde-onde merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer dan memiliki banyak variasi. Makanan ini biasanya terdiri dari bola ketan berisi kacang hijau yang digoreng dan kemudian dicampurkan dengan kelapa parut. Namun, sebelum membuat onde-onde yang lezat, Anda harus membuat adonannya terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat adonan onde-onde yang mudah dan sederhana.

Persiapan membuat adonan onde-onde

Sebelum membuat adonan onde-onde, ada beberapa bahan dan peralatan yang perlu Anda persiapkan. Berikut adalah beberapa bahan dan peralatan yang Anda butuhkan untuk membuat adonan onde-onde:

  • 200 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 150 ml air daun pandan
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram meses kelapa
  • Minyak goreng
  • Wadah untuk mengaduk
  • Wajan untuk menggoreng

Cara Membuat Onde-Onde

Langkah-langkah membuat adonan onde-onde

Setelah Anda menyiapkan semua bahan dan peralatan, maka langkah selanjutnya adalah membuat adonan onde-onde. Berikut adalah langkah-langkah membuat adonan onde-onde yang mudah dan sederhana:

  1. Campurkan tepung ketan, tepung beras, dan gula pasir dalam wadah yang berbeda.
  2. Panaskan air daun pandan hingga mendidih dan kemudian angkat dari api.
  3. Tuangkan air daun pandan pada campuran tepung ketan, tepung beras, dan gula pasir sambil diaduk secara perlahan hingga adonan menjadi setengah kental.
  4. Buat bola-bola kecil dari adonan dan isi dengan kacang hijau yang sudah direbus.
  5. Rendam bola-bola adonan pada air mendidih selama 1-2 menit hingga matang.
  6. Tiriskan bola-bola adonan dan gulingkan pada meses kelapa hingga rata.
  7. Goreng bola-bola adonan dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan hingga kecokelatan.
  8. Ambil bola-bola adonan dan tiriskan minyaknya pada tisu dapur.

Frequently Asked Questions

1. Apa bedanya adonan onde-onde dengan adonan lumpia?

Adonan onde-onde dibuat dari ketan, tepung beras, dan air daun pandan, sementara adonan lumpia dibuat dari tepung terigu, telur, dan air. Selain itu, adonan lumpia digunakan untuk membuat kulit lumpia, sementara adonan onde-onde digunakan untuk membuat bola ketan isi kacang hijau.

2. Apakah adonan onde-onde bisa dimasukkan ke dalam kulkas?

Ya, Anda bisa menyimpan adonan onde-onde di dalam kulkas agar tahan lebih lama. Pastikan adonan sudah dibungkus rapih dengan plastik wrap atau bungkus makanan sebelum disimpan.

3. Apa yang menjadi penyebab bola ketan pecah saat digoreng?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bola ketan pecah saat digoreng, di antaranya adalah adonan terlalu encer, bola ketan terlalu besar, minyak terlalu panas, atau tirisan air pada bola ketan kurang sempurna.

4. Apakah adonan onde-onde bisa dibuat tanpa gula?

Ya, adonan onde-onde bisa dibuat tanpa gula jika Anda ingin membuatnya dengan rasa yang lebih netral. Namun, gula berfungsi untuk memberikan rasa manis pada bola ketan.

5. Apakah saya bisa menggunakan tepung ketan putih untuk membuat adonan onde-onde?

Ya, Anda bisa menggunakan tepung ketan putih untuk membuat adonan onde-onde, namun warnanya akan terlihat lebih pucat dibandingkan dengan menggunakan tepung ketan hitam atau ketan item.

Kesimpulan

Onde-onde merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia dan biasanya selalu hadir pada acara-acara tertentu. Membuat onde-onde memang sedikit membutuhkan waktu dan kesabaran, akan tetapi hasil yang dihasilkan sangat lezat. Dengan menggunakan resep di atas, Anda bisa membuat adonan onde-onde yang mudah dan sederhana. Selamat mencoba!