Cara Membuat Adonan Onde Onde Mini yang Lembut dan Gurih

Cara Membuat Adonan Onde Onde Mini yang Lembut dan Gurih

Ingin mencoba membuat onde-onde mini sendiri di rumah namun bingung dengan bahan dan resep yang tepat? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan lengkap cara membuat adonan onde onde mini yang lembut dan gurih.

Onde-onde mini adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan kacang hijau yang manis. Kue ini biasanya disajikan pada saat Lebaran atau acara-acara tertentu seperti pernikahan atau khitanan. Meskipun terlihat sederhana, membuat onde-onde mini membutuhkan teknik khusus agar hasilnya empuk dan kenyal.

Cara Membuat Adonan Onde Onde Mini

Cara Membuat Adonan Onde Onde Mini

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuat adonan onde onde mini yang sempurna:

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum mulai membuat adonan onde-onde mini, pastikan semua bahan dan alat sudah tersedia. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan:
– 250 gram tepung ketan
– 100 ml air daun pandan
– 50 gram gula pasir
– 1 sendok teh garam
– 1/4 sendok teh vanili bubuk
– Kacang hijau yang sudah direbus dan dihaluskan

Alat:
– Mangkuk besar
– Loyang mini
– Pengukur takaran
– Sendok

2. Campurkan Bahan

Setelah semua bahan dan alat sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan hingga adonan tercampur sempurna. Cara membuat adonan onde onde mini ini cukup mudah, yaitu pertama-tama campurkan tepung ketan, gula, garam, dan vanili bubuk dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan air daun pandan sedikit-sedikit dan uleni adonan hingga tercampur rata dan lembut. Pastikan adonan tidak terlalu basah atau terlalu kering.

3. Bentuk Adonan

Setelah adonan tercampur rata, ambil sejumput adonan dan pipihkan di telapak tangan. Letakkan kacang hijau yang sudah dihaluskan di tengah adonan dan bulatkan adonan hingga kacang hijau tertutup sempurna.

Lakukan langkah yang sama dengan adonan yang lainnya hingga adonan habis.

4. Rebus Onde-onde Mini

Setelah adonan telah dibentuk, langkah selanjutnya yaitu merebus onde-onde mini dalam air mendidih. Rebus onde-onde mini hingga matang dan mengambang di atas air selama sekitar 5-7 menit.

Setelah matang, tiriskan onde-onde mini dan diamkan hingga dingin.

5. Sajikan Onde-onde Mini

Onde-onde mini siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan taburan wijen di atas onde-onde mini untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

Frequently Asked Questions (FAQ) tentang Cara Membuat Adonan Onde-onde Mini

Apakah tepung ketan harus dicuci sebelum digunakan?

Tidak perlu mencuci tepung ketan sebelum digunakan. Cukup campurkan tepung ketan dengan air daun pandan sedikit-sedikit hingga adonan tercampur rata dan lembut.

Apakah air daun pandan harus asli?

Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan air daun pandan asli. Namun, jika sulit ditemukan, Anda juga bisa menggunakan air daun pandan instan.

Apakah kacang hijau harus direbus terlebih dahulu?

Ya, kacang hijau harus direbus terlebih dahulu dan dihaluskan sebelum digunakan sebagai isian pada onde-onde mini.

Berapa lama waktu merebus onde-onde mini?

Waktu merebus atau mengukus onde-onde mini sekitar 5-7 menit atau sampai matang dan mengapung di atas air.

Bolehkah menambahkan pewarna pada adonan onde-onde mini?

Boleh, namun sebaiknya gunakan pewarna yang alami seperti pandan atau kunyit agar tidak menambahkan zat kimia yang berbahaya.

Itulah cara membuat adonan onde onde mini yang lembut dan gurih serta beberapa frequently asked questions yang sering ditanyakan tentang cara membuat kue tradisional satu ini. Dengan mengikuti petunjuk dan tips di atas, Anda bisa membuat onde-onde mini yang nikmat dan enak di rumah. Selamat mencoba!