Cara Membuat Adonan Oncom Secara Mudah

Cara Membuat Adonan Oncom Secara Mudah

Oncom merupakan bahan makanan tradisional Indonesia yang dihasilkan dari fermentasi biji-bijian seperti kedelai, beras, atau jagung. Oncom memiliki cita rasa yang khas dan umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan Indonesia seperti sayur, sate, atau pecel. Untuk mengolah oncom, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan oncom terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat adonan oncom? Simak ulasan berikut ini.

1. Persiapan Bahan

Pertama-tama, untuk membuat adonan oncom, siapkan bahan-bahan berikut ini:
– Biji bahan yang akan diolah: kedelai, jagung, atau beras
– Air
– Ragam rempah-rempah seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas
– Gula merah atau gula pasir
– Garam secukupnya
– Daun pisang untuk membungkus oncom

2. Rendam dan Kukus Bahan

Langkah selanjutnya adalah merendam bahan yang telah dipilih sebelumnya dalam air selama sekitar 12 jam, atau lebih baik jika direndam selama 24 jam sehingga benih mengembang dan lebih mudah dihaluskan. Setelah itu, tiriskan benih dan kukus selama 1-2 jam hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan lagi.

3. Haluskan dan Fermentasi Bahan

Setelah dikukus, giling bahan hingga halus menggunakan blender atau gilingan. Kemudian tambahkan rempah-rempah seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Giling kembali hingga halus dan beri gula merah/gula pasir serta garam secukupnya. Aduk rata.

Setelah adonan oncom sudah rata dan merata, siapkan daun pisang dan ambil secukupnya untuk membungkus adonan. Letakkan adonan oncom yang telah dibungkus tersebut di tempat yang sejuk dan lembab selama 1-2 hari hingga terjadi proses fermentasi.

Cara Membuat Adonan Oncom

4. Sajikan oncom sesuai selera

Selesai proses fermentasi, oncom sudah siap digunakan sebagai bahan masakan. Sajikan oncom sesuai dengan resep yang diinginkan, seperti oncom goreng, oncom santan, atau oncom kering. Rasakan sensasi cita rasa yang khas dari oncom.

Pertanyaan Umum Mengenai Cara Membuat Adonan Oncom

Berikut beberapa pertanyaan umum yang mungkin dipertanyakan mengenai cara membuat adonan oncom di Indonesia.

Apa bahan yang terbaik untuk membuat oncom?

Biji kedelai umumnya menjadi bahan pilihan untuk membuat oncom karena kandungan proteinnya yang tinggi. Namun, Anda juga dapat menggunakan beras atau jagung jika menginginkan variasi dalam rasa.

Apakah proses fermentasi pada adonan oncom dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat?

Proses fermentasi pada adonan oncom umumnya memakan waktu sekitar 1-2 hari. Sebaiknya tidak mempercepat proses fermentasi tersebut karena dapat mempengaruhi kualitas citarasa oncom dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Apakah oncom bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, oncom dapat disimpan dalam freezer dalam waktu yang lama dan kemudian digunakan saat dibutuhkan.

Apakah oncom aman dikonsumsi oleh semua orang?

Orang yang memiliki masalah pada pencernaan seperti alergi atau intoleransi dapat menghindari produk oncom atau mengurangi konsumsi oncom. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengonsumsi oncom jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang spesifik.

Bagaimana menyajikan oncom dalam masakan?

Oncom umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan Indonesia seperti sayur, sate, atau pecel. Anda bisa juga mencoba variasi resep oncom seperti omelet oncom dan oncom bakar yang sering tersedia di pasar-pasar tradisional.

Membuat adonan oncom tidaklah terlalu sulit, namun membutuhkan waktu dan ketelatenan dalam mempersiapkan bahan dan mengolahnya. Melalui langkah-langkah di atas, oncom ber-citarasa khas dari Indonesia siap untuk dijajakan. Selamat mencoba dan nikmati hasil olahan oncom sendiri di rumah.