Cara Membuat Adonan Nugget Ikan Tuna yang Lezat dan Bergizi

Cara Membuat Adonan Nugget Ikan Tuna yang Lezat dan Bergizi

Siapa bilang nugget hanya bisa dibuat dari ayam? Sekarang ini, ada banyak sekali variasi nugget yang bisa dibuat dan salah satunya adalah nugget ikan tuna yang nikmat dan sangat sehat. Membuat adonan nugget ikan tuna juga tergolong cukup mudah dan bisa dijadikan pilihan menu yang sehat untuk keluarga.

Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara membuat adonan nugget ikan tuna yang lezat dan bergizi, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Siapkan Bahan-bahan

Ketika ingin membuat adonan nugget ikan tuna, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang cukup. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

– 250 gram ikan tuna fillet, haluskan
– 2 butir telur
– 4 sendok makan tepung terigu
– 2 sendok makan tepung maizena
– 1 batang daun bawang, iris tipis
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 1 sendok teh garam
– ¼ sendok teh kaldu bubuk
– ½ sendok teh merica bubuk
– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan Nugget Ikan Tuna

2. Langkah Membuat Adonan Nugget Ikan Tuna

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa langsung membuat adonan nugget ikan tuna dengan cara berikut ini:

1. Campurkan ikan tuna, tepung terigu, tepung maizena, telur, daun bawang, bawang putih, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk dalam satu wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
2. Didihkan air dalam panci. Ambil satu sendok makan adonan dan bentuk bulat. Masukkan adonan bulat ke dalam air boiling dan tunggu hingga matang.
3. Setelah matang, angkat adonan bulat dan tiriskan.
4. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng adonan bulat dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
5. Potong bulat-bulat adonan tadi menjadi bentuk potongan yang lebih kecil sesuai selera.
6. Campurkan potongan adonan tadi dengan telur dan tepung roti. Aduk rata dan siapkan untuk digoreng.

3. Tips Membuat Adonan Nugget Ikan Tuna yang Lezat

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar adonan nugget ikan tuna yang kamu buat menjadi lebih lezat dan menggugah selera, di antaranya:

– Jangan terlalu lama menggoreng adonan nugget agar tidak hancur atau terlalu kering.
– Gunakan minyak sisa gorengan untuk menggoreng adonan nugget agar lebih gurih.
– Jangan terlalu sering bolak-balik adonan nugget saat digoreng, cukup sekali saja agar tidak mudah hancur.

4. Frequently Asked Questions

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara membuat adonan nugget ikan tuna:

Bagaimana jika tidak suka menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasar?

Jika kamu tidak suka menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasar, kamu bisa mengganti dengan ikan lain seperti ikan tenggiri atau ikan salmon untuk mendapatkan rasa yang berbeda.

Apakah adonan nugget ikan tuna bisa disimpan dalam freezer?

Ya, adonan nugget ikan tuna dapat disimpan dalam freezer selama maksimal 1 bulan. Kamu bisa memasukkan adonan yang sudah digoreng ke dalam kantung plastik dan kemudian simpan dalam freezer.

Apakah adonan nugget ikan tuna sehat untuk dikonsumsi?

Tentu saja, adonan nugget ikan tuna sangat sehat untuk dikonsumsi karena ikan tuna sendiri mengandung banyak nutrisi dan protein yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, teknik menggoreng yang tepat juga akan membuat adonan nugget ikan tuna lebih sehat dan rendah kalori.

Bisakah adonan nugget ikan tuna dicampur dengan bahan lain?

Tentu saja, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti wortel, kentang, atau sayuran lainnya untuk memberikan variasi pada adonan nugget ikan tuna. Namun, pastikan bahan lainnya sudah dihaluskan terlebih dahulu agar mudah dicampur dengan adonan ikan tuna.

Berapa lama menggoreng adonan nugget ikan tuna agar matang sempurna?

Tidak perlu terlalu lama untuk menggoreng adonan nugget ikan tuna, cukup sekitar 2-3 menit saja hingga berwarna kecoklatan dan matang sempurna. Jika terlalu lama digoreng, adonan nugget ikan tuna bisa jadi terlalu kering dan tidak enak.

Itulah tadi beberapa tips dan trik dalam membuat adonan nugget ikan tuna yang lezat dan sehat. Kamu bisa mencoba resep di atas dan memberikan variasi tambahan pada adonan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Selamat mencoba!