Cara Membuat Adonan Nat Keramik: Tips dan Trikuntuk Menghasilkan Kerajinan yang Estetik

Cara Membuat Adonan Nat Keramik: Tips dan Trikuntuk Menghasilkan Kerajinan yang Estetik

Mendapatkan bahan alami untuk membuat kerajinan keramik memang susah-susah gampang. Tidak jarang, para pengrajin keramik harus mengeluarkan biaya mahal untuk mencari bahan yang berkualitas serta aman untuk lingkungan. Namun, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan para pengrajin keramik untuk menghasilkan kerajinan yang estetik dengan bahan-bahan alami dan murah. Salah satunya adalah dengan menciptakan adonan nat keramik. Apa itu adonan nat keramik? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan tentang adonan nat keramik di sini.

Apa itu Adonan Nat Keramik?

Adonan nat keramik adalah campuran bahan alami untuk membuat kerajinan keramik yang dibuat dengan menggunakan tanah liat dan bubur kertas koran yang telah dicacah halus. Adonan ini memberikan keuntungan pada pengrajin keramik karena mudah didapatkan, ringan, dan kuat. Dalam meramu campuran adonan nat keramik, pengrajin akan membutuhkan bahan-bahan tersebut, air, dan beberapa alat dan peralatan sederhana, seperti pengaduk, pewarna, dan cetakan.

Cara Membuat Adonan Nat Keramik

Langkah-Langkah Membuat Adonan Nat Keramik

Berikut adalah petunjuk cara membuat adonan nat keramik:

Step 1 : Siapkan Bahan dan Peralatan
Sebelum memulai membuat adonan nat keramik, pastikan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan telah siap. Bahan alami yang dibutuhkan adalah tanah liat, bubur kertas koran yang sudah dicacah halus, pewarna, dan air.

Step 2 : Campurkan Bahan Alami dan Bubur Kertas Koran
Bahan alami yang digunakan dalam membuat adonan nat keramik adalah tanah liat. Pertama, masukkan tanah liat yang telah disaring ke dalam wadah bersih. Selanjutnya, tambahkan bubur kertas koran ke dalam wadah. Pastikan bubur kertas telah dicacah halus dan tercampur rata dengan tanah liat.

Step 3 : Tambahkan Air dan Pewarna
Setelah bahan alami dan bubur kertas dicampur rata, tambahkan air ke dalam campuran tersebut. Tujuan dari penambahan air adalah untuk menciptakan kelembaban yang dibutuhkan dalam proses pengadukan. Pada tahap ini, Anda juga bisa menambahkan pewarna sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Step 4 : Aduk Campuran
Aduk campuran bahan alami, bubur kertas koran, air, dan pewarna dengan menggunakan pengaduk. Proses pengadukan bertujuan untuk menciptakan kelembaban dan menghasilkan adonan yang lembut dan mudah diolah.

Step 5 : Tunggu Beberapa Menit
Setelah proses pengadukan selesai, biarkan adonan nat keramik selama beberapa menit untuk beristirahat. Hal ini akan membuat adonan menjadi lebih lembut, mudah diolah, dan memudahkan pengrajin keramik saat melakukan proses shaping.

Step 6 : Bentuk Sesuai Keinginan
Setelah menunggu beberapa menit, adonan nat keramik sudah siap diolah. Pengrajin keramik bisa membentuk adonan ini sesuai dengan keinginan dan kemampuan kreatifitasnya. Anda dapat menggunakan berbagai bentuk cetakan, seperti cetakan segi empat, bulat, dan belah ketupat atau tumpal.

Step 7 : Keringkan dan Bakar
Setelah adonan nat keramik dibentuk sesuai dengan keinginan, biarkan kerajinan keramik tersebut kering selama beberapa hari untuk menghindari kerusakan atau deformasi pada ketebalan dan bentuk. Setelah itu, kerajinan keramik tersebut siap untuk dibakar dan diakhir pola dengan finishing.

Cara Membersihkan Adonan Nat Keramik yang Tertumpah

Selama proses pembuatan, tidak jarang adonan nat keramik ketumpahan dan mengotori permukaan meja atau peralatan yang digunakan. Namun, jangan khawatir karena membersihkan adonan nat keramik yang berserakan adalah hal mudah. Pertama, bersihkan dulu adonan nat keramik yang mengering dengan menggunakan sapu atau kain lap. Selanjutnya, basahi area yang terkena adonan dengan air. Usap dengan kain atau lap sampai bersih.

Bagaimana dengan Bahan Pewarna Adonan Nat Keramik?

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat adonan nat keramik adalah bahan pewarna. Jika ingin membuat kerajinan keramik dengan motif dan warna tertentu, maka pastikan bahan pewarna yang akan digunakan aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyelesaikan Adonan Nat Keramik?

Jangka waktu pembuatan adonan nat keramik tergantung pada jumlah adonan yang akan dibuat. Namun, pada umumnya, proses pembuatan adonan nat keramik membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.

Adonan Nat Keramik Lebih Murah dan Ekologis?

Salah satu alasan utama mengapa pengrajin keramik menggunakan adonan nat keramik sebagai bahan adalah karena adonan nat keramik sangat ekonomis. Bahan-bahan alami yang digunakan untuk membuat adonan nat keramik lebih mudah didapatkan dan lebih murah daripada bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan kerajinan keramik. Selain itu, dengan menggunakan adonan nat keramik, pengrajin keramik dapat ikut serta dalam melestarikan dan mengurangi sampah kertas koran dan menjaga lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat adonan nat keramik yang mudah diikuti dan dapat membantu pengrajin keramik dalam membuat kerajinan keramik yang berkualitas tinggi dengan biaya murah dan tanpa menganggu lingkungan. Perlu diingat bahwa adonan nat keramik tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga fleksibel dan mudah diproses. Dengan sedikit latihan dan kesabaran, Anda bisa menghasilkan kerajinan keramik yang indah dan estetik dengan adonan nat keramik. Jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi!