Cara Membuat Adonan Nastar Tanpa Mixer

Cara Membuat Adonan Nastar Tanpa Mixer

Adonan nastar adalah adonan dasar yang digunakan untuk membuat kue nastar. Adonan ini biasanya terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, gula, dan susu kental manis. Namun, banyak orang tidak memiliki mixer di rumah, sehingga mereka mencari cara membuat adonan nastar tanpa mixer. Jika Anda termasuk orang yang ingin membuat adonan nastar tanpa mixer, maka artikel ini untuk Anda. Di sini kami akan memberikan panduan lengkap cara membuat adonan nastar tanpa mixer.

1. Cara Membuat Adonan Nastar Tanpa Mixer Secara Manual

Jika Anda tidak memiliki mixer, Anda masih bisa membuat adonan nastar dengan tangan Anda sendiri. Berikut adalah cara membuat adonan nastar tanpa mixer secara manual:

Bahan-bahan:
– 200 gram tepung terigu protein sedang
– 100 gram mentega
– 2 kuning telur
– 1 sendok makan susu kental manis
– 2 sendok makan gula pasir

Langkah-langkah:
1. Ayak tepung terigu dan gula pasir menjadi satu.
2. Potong mentega menjadi kecil-kecil.
3. Campurkan tepung terigu dan mentega. Uleni adonan hingga rata dan berbentuk kumpulan kecil-kecil.
4. Tambahkan kuning telur dan susu kental manis ke dalam adonan. Uleni adonan hingga tercampur rata.
5. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama sekitar 30 menit.

Sekarang adonan nastar Anda siap digunakan. Anda dapat menggulung adonan tersebut sesuai dengan selera Anda, dan isi dengan selai nanas atau sesuai dengan selera Anda.

2. Cara Membuat Adonan Nastar Tanpa Mixer dengan Blender

Selain cara manual, Anda juga bisa membuat adonan nastar tanpa mixer dengan menggunakan blender. Berikut adalah cara membuat adonan nastar tanpa mixer dengan blender:

Bahan-bahan:
– 200 gram tepung terigu protein sedang
– 100 gram mentega
– 2 kuning telur
– 1 sendok makan susu kental manis
– 2 sendok makan gula pasir

Langkah-langkah:
1. Ayak tepung terigu dan gula pasir menjadi satu.
2. Potong mentega menjadi kecil-kecil.
3. Masukkan tepung terigu, mentega, kuning telur, susu kental manis, dan gula pasir ke dalam blender.
4. Blender adonan hingga tercampur rata dan berbentuk kumpulan kecil-kecil.
5. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama sekitar 30 menit.

Setelah adonan nastar siap digunakan, Anda dapat menggulung adonan tersebut sesuai dengan selera Anda dan isi dengan selai nanas atau sesuai dengan selera Anda.

Cara Membuat Adonan Nastar Tanpa Mixer

Frequently Asked Questions

1. Apakah adonan nastar tanpa mixer dapat menghasilkan kue yang lezat?

Tentu saja. Adonan nastar yang dibuat tanpa mixer sebenarnya tidak berbeda dengan adonan nastar yang dibuat dengan mixer. Selama Anda mengikuti resep dengan benar, dan memberikan cukup waktu untuk mengistirahatkan adonan, maka kue nastar Anda akan tetap lezat.

2. Apakah saya harus menggunakan mentega dalam adonan nastar?

Mentega merupakan bahan penting dalam adonan nastar karena memberikan rasa yang lezat dan kandungan lemak yang diperlukan untuk adonan. Namun, bila Anda ingin mengganti mentega dengan bahan lain, seperti margarin, tentu saja Anda bisa melakukannya. Pastikan untuk memperhatikan perbandingan dan konsistensi yang sesuai dengan adonan.

3. Mengapa saya harus mengistirahatkan adonan nastar?

Mengistirahatkan adonan nastar sebelum digunakan bisa membuat adonan menjadi lebih elastis dan mudah digulung. Selain itu, mengistirahatkan adonan juga membantu bahan lain meresap ke dalam adonan dan memperkuat aroma bahan-bahan yang digunakan.

4. Bisakah adonan nastar tanpa mixer disimpan dalam lemari es?

Adonan nastar sebaiknya disimpan di dalam lemari es untuk menjaga kualitas adonan. Pastikan adonan tersimpan dalam wadah yang kedap udara dan rapat untuk mencegah adonan menjadi kering dan keras.

5. Apakah saya bisa menggunakan blender biasa untuk membuat adonan nastar?

Anda bisa menggunakan blender biasa untuk membuat adonan nastar tanpa mixer. Namun, blender yang lebih baik memerlukan daya lebih dan kinerja yang kuat untuk dapat mengolah adonan dengan sempurna. Pastikan blender yang digunakan memiliki daya yang cukup serta membaca instruksi yang tertera pada blender tersebut.

Kesimpulan

Membuat adonan nastar tanpa mixer dapat dilakukan dengan cara manual atau menggunakan blender. Keduanya sama efektif dan mudah dilakukan. Adapun dasar-dasar resep adonan nastar adalah tepung terigu, mentega, kuning telur, gula pasir, dan susu kental manis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki mixer di rumah karena kue nastar tetap bisa dibuat dengan mudah dan enak. Pastikan untuk mengikuti resep dengan benar dan mengistirahatkan adonan agar menghasilkan kue nastar yang sempurna. Selamat mencoba!