Cara Membuat Adonan Nastar Nanas yang Lezat dan Mudah

Cara Membuat Adonan Nastar Nanas yang Lezat dan Mudah

Jika kamu merindukan suasana ramah keluarga saat liburan, kue nastar nanas bisa menjadi pilihan. Kue yang satu ini sangat terkenal dan identik dengan suasana lebaran. Ada banyak variasi nastar yang dapat kamu coba, mulai dari yang ukurannya besar hingga kecil seperti kacang, pisang, atau coklat.

Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas kue nastar yang paling terkenal, yaitu nastar nanas. Kamu akan belajar cara membuat adonan nastar nanas yang enak dan mudah, serta tips dan pertanyaan terkait pembuatan adonan nanas yang dapat dirumuskan. Yuk, simak!

Cara Membuat Nastar Nanas

Cara Membuat Adonan Nastar Nanas

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahan

  • 250 gr margarin
  • 100 gr gula halus
  • 2 kuning telur ayam cangkangnya
  • 350 gr tepung terigu yang sudah diayak
  • 50 gr tepung maizena
  • ½ sdt garam
  • ¾ kaleng kecil susu kental manis (SKM)
  • 3 butir kuning telur ayam cangkangnya
  • 300 gr nanas parut dari segala kulit dan hati nantinya

Langkah 2: Aduk Bahan Kering
Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.

Langkah 3: Kocok Margarin dan Gula Halus
Kocok margarin dan gula halus dalam sebuah wadah hingga tercampur rata. Tambahkan kuning telur dan kocok kembali hingga adonan tercampur rata.

Langkah 4: Tambahkan Bahan Kering
Masukkan campuran bahan kering ke dalam bahan margarin dan kocok hingga merata. Tambahkan susu kental manis dan kocok lagi hingga adonan silky mulus dan agak lembut.

Langkah 5: Masukkan Nanas Parut
Setelah adonan tercampur rata, masukkan nanas parut dan aduk hingga tercampur rata. Jangan over-mix karena ini bisa menjadikan adonan keras.

Langkah 6: Dinginkan Adonan
Dinginkan adonan nastar nanas selama sekitar 30 menit hingga adonan tidak lagi lengket.

Langkah 7: Mulai Buat Adonan Nastar
Kepingkan adonan menjadi ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan dan letakkan pada loyang kue.

Langkah 8: Masukkan Adonan Nanas ke Olesi
Gunakan tangan atau alat khusus untuk membuat lubang di tengah adonan nastar. Letakkan selai di lubang yang dibuat. Jangan terlalu banyak atau nanti akan berantakan.

Panggang nastar nanas dalam oven selama 20–30 menit pada suhu 160 C. Nastar siap dinikmati!

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Membuat Adonan Nastar Nanas

1. Apa yang bisa saya lakukan jika adonan nastar sangat lengket?

Saat menggulung adonan nastar, kamu mungkin akan menemukan adonan yang sangat lengket. Untuk menghindari adonan yang lengket, kamu bisa menaburkan sedikit tepung pada permukaan adonan dan wadah penggilingan. Selain itu, jangan sering mulai membentuk adonan saat adonan masih panas.

2. Apakah tepung terigu selalu digunakan untuk membuat nastar nanas?

Ya, tepung terigu adalah bahan utama dalam membuat nastar nanas. Ini karena isotop gluten dalam tepung terigu memberikan kekuatan adonan dalam membentuk makanan.

3. Apakah larutan susu kental manis dan kuning telur perlu ditambahkan?

Ya, larutan susu kental manis dan kuning telur diperlukan untuk membuat nastar yang renyah dan lezat. Jangan abaikan bahan ini karena itu sangat penting dalam proses pembuatan adonan nastar.

4. Apa yang harus saya lakukan setelah nastar keluar dari oven?

Setelah keluar dari oven, biarkan nastar nanas dingin sebentar sebelum dimakan. Letakkan nastar dalam loyang dan ratakan dengan cara yang halus di atas meja. Setelah itu, simpan nastar dalam wadah tertutup dan simpan di tempat sejuk dan kering.

5. Apa masalah jika kebanyakan nanas dimasukkan dalam adonan?

Terlalu banyak nanas bisa membuat adonan mengalami over-mixing, sehingga membuat adonan menjadi keras. Jangan terlalu banyak atau kurang dalam menambahkan nanas ke adonan. Gunakan lah nanas sesuai takaran dalam jamu nastar.

Selamat mencoba membuat adonan nastar nanas! Semoga sukses dengan resep yang diberikan. Jangan lupa, bagikan kepada orang-orang tercinta yang kamu cintai. Selamat memasak dan menghias nastar nanas ataupun nastar manapun dengan kreativitasmu.