Cara Membuat Adonan Martabak Madura yang Empuk dan Lezat

Cara Membuat Adonan Martabak Madura yang Empuk dan Lezat

Siapa yang tidak kenal dengan martabak madura? Makanan yang satu ini memang sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia sejak lama. Deretan warung martabak mudah ditemukan di berbagai sudut kota Indonesia, mulai dari kaki lima hingga cafe yang mewah.

Namun, tahukah kamu bahwa rahasia dari kelezatan martabak madura terletak pada adonannya? Adonan yang dibuat dengan resep khusus membuat martabak madura menjadi lezat, empuk, dan gurih.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara membuat adonan martabak madura agar bisa membuat martabak madura yang enak dan lezat di rumah. Berikut adalah resep cara membuat adonan martabak madura yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Cara Membuat Adonan Martabak Madura

Cara Membuat Adonan Martabak Madura

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sdt soda kue
  • 1,5 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat adonan:

  1. Pertama-tama, siapkan wadah untuk mencampurkan semua bahan. Masukkan tepung terigu, gula pasir, soda kue, ragi instan, dan garam. Aduk rata semua bahan dengan menggunakan sendok kayu.
  2. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Aduk adonan sampai tercampur rata dan tidak menggumpal.
  3. Selanjutnya, tambahkan telur ayam dan aduk kembali sampai tercampur rata.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam di dalam wadah yang tertutup dan letakkan adonan di tempat yang hangat untuk mengembang.
  5. Panaskan teflon atau wajan di atas api sedang. Olesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng.
  6. Ambil satu sendok sayur adonan martabak madura dan tuang ke dalam teflon sedikit demi sedikit.
  7. Beri topping sesuai dengan selera seperti keju, daging cincang, telur, atau sayuran. Tunggu hingga permukaan martabak terlihat mulai mengeras dan lalu lipat martabak menjadi dua dan tunggu hingga matang.
  8. Angkat martabak dari teflon dan potong potong sesuai selera.
  9. Adonan martabak madura siap disajikan dan dinikmati.

Frequently Asked Questions

1. Apa yang membuat adonan martabak madura empuk dan lezat?

Keempukan dan kelezatan adonan martabak madura terletak pada adonan dan teknik memasak. Adonan yang diolah dengan tepat dan dimasak pada suhu yang tepat akan menghasilkan martabak madura yang empuk dan lezat.

2. Apa bedanya adonan martabak madura dengan martabak lainnya?

Adonan martabak madura mempunyai rasa yang lebih gurih dan dimasak dengan cara ditutup agar tidak gosong. Selain itu, martabak madura umumnya lebih tipis dibandingkan dengan martabak lainnya.

3. Apakah bisa membuat adonan martabak madura tanpa ragi instan?

Ragi instan adalah bahan yang penting digunakan dalam pembuatan adonan martabak madura karena membantu proses fermentasi adonan dan membuat martabak menjadi empuk. Namun, jika kamu tidak memiliki ragi instan, bisa menggunakan ragi biasa sebagai pengganti.

4. Bisakah membuat adonan martabak madura tanpa telur?

Telur adalah salah satu bahan penting dalam pembuatan adonan martabak madura karena membuat martabak menjadi lebih kenyal dan empuk. Jika kamu ingin membuat tanpa telur, bisa menggunakan susu cair dan minyak sayur sebagai pengganti.

5. Mengapa adonan harus didiamkan selama 1 jam?

Proses pengembangan adonan selama 1 jam bertujuan untuk membuat adonan mengembang dan menjadi empuk ketika dimasak. Proses ini juga membantu pembuatan martabak menjadi lebih mudah dipotong dan tidak mudah hancur.

Itulah resep dari cara membuat adonan martabak madura yang bisa dijadikan referensi. Dengan menggunakan resep ini, kamu bisa memasak martabak madura yang enak dan lezat di rumah sendiri. Selamat mencoba!