Cara Membuat Adonan Leker yang Empuk dan Renyah

Leker adalah makanan khas Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Camilan yang biasanya digunakan sebagai sajian manis ini terbuat dari adonan tepung terigu dan air, lalu diolesi dengan berbagai macam topping sesuai dengan selera. Tapi, cara membuat adonan leker yang empuk dan renyah memang membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian. Meskipun begitu, hasilnya pasti akan membuat Anda ketagihan.

Untuk membuat adonan leker yang empuk dan renyah, Anda memerlukan beberapa bahan dasar yang mudah didapatkan, seperti tepung terigu, air, telur, gula pasir, dan garam. Selain itu, Anda juga memerlukan peralatan khusus yaitu alat cetak leker yang bisa Anda beli di toko-toko alat dapur. Berikut adalah cara membuat adonan leker yang empuk dan renyah.

Langkah 1: Campurkan Seluruh Bahan Kering

Pertama-tama, siapkan wadah besar dan campurkan seluruh bahan kering seperti tepung terigu, garam dan gula pasir, lalu aduk rata. Pastikan tidak ada gumpalan-gumpalan dalam adonan.

Langkah 2: Tambahkan Air dan Telur

Setelah itu, pecahkan telur ke dalam adonan, dan tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk terus hingga adonan tercampur merata dan kental. Selama proses pengadukan, pastikan tidak ada gumpalan adonan.

Langkah 3: Diamkan Adonan Selama Beberapa Menit

Selanjutnya, diamkan adonan selama kurang lebih 15-20 menit sampai adonan agak mengental dan mengembang. Ketika adonan diam, Anda bisa menggunakan waktu ini untuk menyiapkan topping atau isian yang akan Anda olesi di atas leker.

Langkah 4: Panaskan Alat Cetak Leker

Siapkan alat cetak leker dan panggang pada api sedang sampai alat tadi panas. Pastikan alat cetak leker sudah cukup panas agar adonan leker bisa matang dengan sempurna dan membentuk leker yang renyah.

Langkah 5: Olesi Alat Cetak dengan Minyak Goreng

Sebelum memasukkan adonan ke alat cetak leker, pastikan dahulu Anda telah mengolesi permukaan cetakan dengan minyak goreng secukupnya. Dengan begitu, leker yang terbentuk akan mudah terlepas dari cetakan.

Langkah 6: Masukkan Adonan ke dalam Alat Cetak

Ambil satu sendok sayur adonan leker, lalu letakkan tepat di tengah alas cetakan. Setelah itu, tutup dan tekan alat cetak hingga adonan merata dan rata.

Langkah 7: Panggang Adonan Leker Hingga Kuning Kecoklatan

Setelah cetakan diisi penuh dengan adonan leker, panggang pada api sedang selama kurang lebih 2-3 menit hingga leker berwarna kuning kecokelatan dan agak mengembang. Setiap alat cetak berbeda, oleh karena itu perlu menyesuaikan dengan alat cetak yang digunakan.

Frequently Asked Questions (FAQ) Tentang Cara Membuat Adonan Leker

Berapa banyak air yang dibutuhkan dalam membuat adonan leker?

Dalam membuat adonan leker, takaran air tidak bisa diukur dengan jumlah yang pasti karena akan tergantung pada kualitas tepung terigu dan selera Anda. Namun, air yang digunakan harus cukup untuk membuat adonan larut dan menghasilkan tekstur adonan yang kental agar mudah dimasukkan ke dalam cetakan.

Bagaimana agar leker yang dihasilkan empuk dan renyah?

Tekstur adonan leker yang empuk dan renyah bisa dihasilkan dengan menggunan teknik pengadukan yang tepat dan proses penggorengan dengan api sedang. Selain itu, juga perlu menggunakan tepung terigu yang berkualitas serta menambahkan bahan tambahan seperti baking powder.

Dapatkah adonan leker disimpan di kulkas?

Adonan leker dapat disimpan di kulkas selama beberapa jam jika belum dipanggang. Pastikan bahwa adonan sudah ditutup rapat agar tidak terkena udara dan semprotkan sedikit minyak pada permukaan adonan agar tidak kering. Namun, adonan yang sudah dipanggang sebaiknya segera disantap agar tetap lezat.

Bagaimana jika alat cetak leker tidak tersedia?

Jika Anda tidak memiliki alat cetak leker, Anda bisa menggunakan sendok sayur atau sendok besar sebagai pengganti. Tuang adonan leker di atas sendok sayur atau sendok besar yang telah diisi dengan minyak goreng lalu letakkan di atas wajan dan panggang dengan api sedang hingga leker matang.

Dapatkah adonan leker dimodifikasi dengan bahan lain?

Tentu saja, adonan leker dapat dimodifikasi dengan berbagai bahan lain seperti susu kental manis, coklat, keju, atau mentega sebagai topping atau isian. Namun, pastikan bahwa bahan tambahan tersebut tidak berair dan dapat tersebar rata di atas adonan leker.

Membuat adonan leker memang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Tetapi, panduan lengkap di atas dapat membantu Anda membuat adonan leker yang empuk dan renyah. Selamat mencoba di rumah!