Cara Membuat Adonan Laksa dari Tepung Beras

Cara Membuat Adonan Laksa dari Tepung Beras

Laksa merupakan salah satu hidangan khas Singapura dan Malaysia yang berupa mie kuah pedas dengan bumbu santan yang kaya rasa. Laksa biasanya terdiri dari bahan-bahan seperti mie, ayam atau udang, telur rebus, dan tauge. Namun, untuk membuat hidangan lezat ini, pertama-tama kita harus membuat adonan laksa. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat adonan laksa dari tepung beras.

Cara Membuat Adonan Laksa

Cara Membuat Adonan Laksa

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?

Untuk membuat adonan laksa dari tepung beras, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

– 250 gram tepung beras
– 50 gram tepung sagu
– 2 sendok teh garam
– 650 ml air

Step-by-Step Cara Membuat Adonan Laksa dari Tepung Beras

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat adonan laksa dari tepung beras:

1. Campurkan tepung beras dan tepung sagu dalam sebuah mangkuk besar.
2. Tambahkan garam ke dalam campuran tepung dan aduk rata.
3. Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk terus hingga adonan benar-benar bersih dan halus.
4. Setelah adonan tercampur, diamkan selama 30-60 menit.

Setelah adonan siap, Anda bisa membuat laksa sesuai dengan preferensi Anda.

Bagaimana cara menyimpan adonan laksa dari tepung beras?

Anda bisa menyimpan adonan laksa di dalam lemari es selama dua atau tiga hari dalam wadah kedap udara. Sebelum digunakan, adonan harus dicampur dan diaduk terlebih dahulu agar menjadi lebih halus.

Bagaimana cara membuat mie laksa menggunakan adonan tepung beras?

Setelah adonan dibuat, rebus air dan letakkan sekarung laksa. Tutup panci dan rebus selama 7-9 menit. Setelah dimasak, angkat sekarung tepung beras dan siram dengan air dingin agar lebih mudah dipegang. Potong mi dengan ukuran yang diinginkan.

Bagaimana cara membuat varian laksa lain menggunakan adonan tepung beras?

Anda bisa melakukan kreasi dengan menambahkan bumbu-bumbu lain yang sesuai dengan selera Anda ke dalam adonan tepung beras untuk membuat varian laksa lainnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan daun bawang, cabai merah, atau ketumbar ke dalam adonan untuk memberikan rasa yang lebih pedas.

Bagaimana cara memasak atau merebus adonan laksa?

Anda bisa merebus adonan di dalam sekarung laksa atau menggunakan penggiling mie untuk membuat mie laksa. Rebus air hingga mendidih dan masukkan sekarung laksa ke dalam air mendidih. Tunggu hingga adonan terlihat matang dan terangkat ke permukaan air. Tunggu selama 1-2 menit lagi dan angkat sekarung laksa. Siram dengan air dingin agar lebih mudah dipegang dan iris dengan ukuran yang diinginkan.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat adonan laksa dari tepung beras. Sekarang Anda sudah siap untuk membuat laksa dengan adonan tepung beras sendiri di rumah. Selamat mencoba!