Cara Membuat Adonan Kulit Martabak Mie: Resep dan Langkah-Langkahnya

Cara Membuat Adonan Kulit Martabak Mie: Resep dan Langkah-Langkahnya

Martabak merupakan makanan populer di Indonesia yang biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan. Terdapat berbagai jenis martabak seperti martabak telur, martabak manis, dan martabak mie. Martabak mie sendiri terdiri dari dua lapisan, yaitu kulit dan isian mie yang diaduk dengan telur dan bahan-bahan lainnya. Kulit martabak mie merupakan komponen penting dalam membuat martabak. Pada artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah cara membuat adonan kulit martabak mie yang lezat dan mudah.

Cara Membuat Adonan Kulit Martabak Mie

Cara Membuat Adonan Kulit Martabak Mie

Bahan-Bahan:

Sebelum membuat adonan kulit martabak mie, pastikan semua bahan yang diperlukan tersedia di dapur. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 150 gram tepung terigu protein tinggi
– 1 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh ragi instant
– 1/2 sendok teh garam
– 1 butir telur
– 200 ml air
– 1 sendok makan minyak goreng
– Tepung terigu untuk taburan

Langkah-Langkah:

Setelah semua bahan tersedia dan siap digunakan, ikuti langkah-langkah membuat adonan kulit martabak mie berikut:

1. Pertama, campurkan semua bahan ke dalam mangkuk besar.
2. Aduk dengan mixer atau pengocok telur hingga semua bahan tercampur rata dan tidak bergerindil.
3. Diamkan selama 30 menit dengan menutup mangkuk dengan kain atau serbet yang bersih.
4. Panaskan loyang martabak dengan api sedang dan sapukan sedikit minyak goreng.
5. Siapkan wadah dengan air dan celupkan tangan ke dalam air tersebut. Diamkan sejenak hingga tangan agak basah, lalu celupkan lagi.
6. Ambil satu sendok sayur adonan kulit martabak mie dan tuangkan ke dalam wajan dengan gerakan memutar dan tipis-tipis hingga rata.
7. Biarkan adonan dipanggang hingga matang dan warnanya berubah menjadi kekuningan.
8. Angkat adonan dan letakkan di atas piring. Lakukan langkah yang sama untuk sisa adonan.
9. Tambahkan isian sesuai selera.

Gampang, bukan? Dalam waktu kurang lebih 45 menit, Anda sudah dapat menyajikan kulit martabak mie yang lezat dan gurih. Anda juga dapat menyimpan martabak mie dalam kulkas hingga beberapa jam dan memanggangnya kembali ketika akan disajikan.

Frequently Asked Questions

1. Bagaimana cara membuat adonan kulit martabak mie agar tidak mudah sobek?

Untuk membuat adonan kulit martabak mie yang tidak mudah sobek, pastikan bahwa adonan cukup kalis dan tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Agar adonan kulit martabak mie bisa kalis, pastikan juga jumlah air yang akan ditambahkan sudah pas dan diaduk dengan rata hingga tidak ada gumpalan. Saat membuat adonan, gunakan pengaduk khusus adonan atau mixer agar adonan tercampur rata.

2. Apakah ragi instant bisa diganti dengan ragi biasa?

Ragi instant sebenarnya lebih mudah digunakan karena lebih praktis dan tidak perlu ditambahkan gula atau air. Namun, jika ragi biasa yang ingin digunakan, pastikan untuk menyediakan waktu lebih lama dalam proses peragian agar dapat mengembangkan adonan dengan baik. Anda juga harus menambahkan sedikit gula dan air untuk membuat ragi biasa aktif.

3. Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam adonan kulit martabak mie?

Tentu saja! Anda dapat menambahkan bahan lain ke dalam adonan kulit martabak mie untuk menambah rasa atau tekstur yang berbeda. Beberapa bahan yang bisa ditambahkan antara lain bawang putih atau bawang bombay cincang, daun bawang, atau sayuran lain yang dihaluskan seperti wortel atau kentang.

4. Berapa lama waktu diamkan adonan kulit martabak mie?

Setidaknya diamkan selama 30 menit atau lebih. Diamkan adonan tersebut dengan menutup mangkuk dengan serbet atau kain kering agar adonan bisa mengembang dengan baik.

5. Bagaimana cara menyimpan adonan kulit martabak mie?

Anda bisa menyimpan adonan kulit martabak mie dalam wadah kedap udara dan diamkan di suhu ruang atau dalam lemari es selama beberapa jam. Jangan lupa untuk menyimpan adonan dengan kedap udara agar tidak menyebabkan kulit adonan menjadi kering atau terkena bakteri. Setelah waktu penyimpanan habis, martabak mie dapat diadon sesuai dengan yang diinginkan dan murah hati akan selalu bisa dihasilkan.

Kesimpulan

Martabak mie adalah makanan yang nikmat dan mudah dibuat. Membuat martabak mie sendiri di rumah juga jauh lebih terjangkau daripada membelinya di pinggir jalan. Dalam membuat adonan kulit martabak mie, pastikan bahwa adonan cukup kalis dan tidak mudah sobek dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat dan mengikuti setiap langkah dengan benar. Dengan demikian, Anda dapat membuat kulit martabak mie yang lezat dan gurih untuk menyajikan kepada keluarga di rumah.