Cara Membuat Adonan Kue Nastar

Cara Membuat Adonan Kue Nastar

Kue nastar merupakan salah satu jenis kue yang paling digemari di Indonesia. Kue yang berisi selai nanas ini memiliki rasa yang manis dan legit serta bertekstur renyah dan garing. Jika kamu ingin membuat kue nastar sendiri di rumah, maka kamu perlu mengetahui cara membuat adonan kue nastar yang benar. Di artikel ini, kamu akan menemukan cara membuat adonan kue nastar yang mudah dan simpel.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat adonan kue nastar, pastikan kamu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat adonan kue nastar:

Alat yang dibutuhkan:
– Mangkok besar
– Mangkok kecil
– Wadah
– Gelas ukur
– Garpu
– Sendok
– Loyang kue
– Oven

Bahan yang dibutuhkan:
– 400 gram tepung terigu
– 300 gram margarin
– 2 kuning telur
– 2 sendok makan susu bubuk
– 2 sendok makan gula halus
– 1/2 sendok teh garam
– Selai nanas secukupnya
– 1 butir kuning telur untuk olesan

Cara Membuat Adonan Kue Nastar

Langkah-langkah Membuat Adonan Kue Nastar

1. Cairkan margarin terlebih dahulu atau biarkan beberapa saat sampai lembek.
2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus, dan garam. Aduk hingga merata.
3. Tambahkan kuning telur dan margarin cair ke dalam campuran tepung terigu. Aduk rata dengan sendok atau garpu hingga adonan tercampur merata.
4. Jika adonan sudah tercampur merata, uleni adonan kue nastar dengan tangan hingga kalis dan tidak lengket. Usahakan jangan terlalu lama mengaduk adonan supaya adonan tidak menjadi terlalu lembut.
5. Setelah adonan dinilai sudah kalis dan tidak lengket, rapatkan adonan dan biarkan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
6. Preheat oven pada suhu 150 derajat Celcius.
7. Ambil adonan dan pipihkan hingga setebal 1cm dan potong sesuai dengan selera.
8. Beri isian selai nanas pada adonan yang sudah dipipihkan tadi.
9. Kemudian lipat adonan menjadi bentuk setengah bulan atau sesuai selera.
10. Letakkan adonan ke atas loyang kue dan oleskan kuning telur pada permukaan adonan.
11. Panggang kue di dalam oven pada suhu 150 derajat Celcius selama kurang lebih 20-25 menit hingga kuning keemasan serta matang.

Frequently Asked Questions

1. Berapa banyak selai nanas yang harus digunakan dalam adonan kue nastar?

Untuk jumlah selai nanas, kamu bisa menambahkan sesuai dengan selera. Namun, usahakan tidak terlalu banyak karena bisa membuat adonan menjadi cepat hancur dan sulit dirolling. Sebaiknya tambahkan selai nanas secukupnya saja.

2. Berapa lama adonan kue nastar harus dinginkan dalam lemari es?

Setelah diuleni, biarkan adonan dalam lemari es kurang lebih 30 menit. Hal ini dilakukan untuk membuat adonan menjadi lebih kaku dan mudah dipotong saat diratakan.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan kue nastar lengket saat diuleni?

Jika adonan kue nastar terasa lengket saat diuleni, kamu bisa menambahkan sedikit tepung terigu pada adonan hingga adonan kue nastar tidak lengket di tangan saat diuleni.

4. Apa penyebab kue nastar menjadi keras?

Kue nastar bisa menjadi keras jika terlalu lama dipanggang di dalam oven atau suhu oven yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mengatur suhu oven dan waktu memanggang dengan baik agar kue nastar tetap empuk dan lezat.

5. Apa rahasia agar adonan kue nastar garing dan renyah?

Rahasia agar adonan kue nastar garing dan renyah adalah dengan mengatur suhu pemanggangan dan waktu memanggang dengan baik. Jangan terlalu lama memanggang kue nastar agar tidak gosong dan tetap lezat. Selain itu, pastikan adonan kue nastar telah dikukus terlebih dahulu sebelum dipanggang di oven.