Cara Membuat Adonan Kembang Goyang untuk Camilan Enak di Rumah

Cara Membuat Adonan Kembang Goyang untuk Camilan Enak di Rumah

Kembang goyang adalah camilan tradisional yang berasal dari Indonesia. Camilan ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan bahan lainnya yang dicetak dalam berbagai bentuk. Kembang goyang juga dikenal dengan nama kue kembang goyang atau kembang gula. Banyak orang yang suka dengan camilan ini, terutama anak-anak. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat adonan kembang goyang yang enak dan lezat, sehingga mereka harus membeli di toko atau pasar. Padahal, membuat kembang goyang sendiri di rumah sangat mudah dan menyenangkan. Berikut adalah cara membuat adonan kembang goyang yang bisa kamu coba di rumah.

Cara Membuat Adonan Kembang Goyang

Cara Membuat Adonan Kembang Goyang

Bahan-bahan:

– 200 gram tepung terigu serbaguna
– 50 gram tepung kanji
– 2 butir telur ayam
– 100 ml air matang
– 1 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh garam
– Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah:

1. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir, dan garam pada wadah yang bersih dan kering. Aduk rata menggunakan saringan tepung.
2. Tambahkan telur dan sedikit-sedikit air matang sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
3. Ambil selembar plastik dan olesi dengan minyak goreng tipis-tipis.
4. Ambil sejumput adonan menggunakan sendok, lalu letakkan di atas plastik dan ratakan menggunakan sendok hingga seluas kira-kira 2-3 cm dan tebalnya 1-2 mm.
5. Gulung plastik hingga adonan terbungkus rapat, rapatkan ujung-ujung plastik, diamkan selama 30 menit supaya adonan lebih padat.
6. Setelah 30 menit, buka plastik dan tarik adonan hingga terlepas dari plastik. Potong-potong adonan menggunakan pisau atau gunting sesuai dengan selera dan bentuk yang diinginkan.
7. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan.
8. Masukkan potongan adonan ke dalam minyak goreng dan goreng hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat adonan kembang goyang sangat mudah, bukan? Setelah adonan selesai dibuat, kamu bisa mencetaknya dalam berbagai bentuk yang unik dan menarik. Kamu juga bisa menambahkan pewarna atau esens/pasta pada adonan untuk memberikan varian rasa pada kembang goyang. Selain itu, kembang goyang juga bisa dijadikan sebagai camilan tambahan yang cocok untuk diberikan pada acara-acara seperti arisan, ulang tahun, atau pernikahan.

Cara Membuat Kembang Goyang Rasa Keju

Selain rasa gula, kamu juga bisa mencoba membuat kembang goyang dengan rasa keju yang lezat. Berikut adalah cara membuat kembang goyang rasa keju:

Bahan-bahan:

– 200 gram tepung terigu serbaguna
– 50 gram tepung kanji
– 2 sdm gula pasir
– 1/4 sendok teh garam
– 2 sendok makan keju parut
– 2 sendok makan tepung susu bubuk
– 2 butir telur ayam
– 100 ml air matang
– Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah:

1. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir, garam, dan tepung susu bubuk pada wadah yang bersih dan kering. Aduk rata menggunakan saringan tepung.
2. Tambahkan telur dan sedikit-sedikit air matang sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
3. Tambahkan keju parut dan aduk rata.
4. Ambil selembar plastik dan olesi dengan minyak goreng tipis-tipis.
5. Ambil sejumput adonan menggunakan sendok, lalu letakkan di atas plastik dan ratakan menggunakan sendok hingga seluas kira-kira 2-3 cm dan tebalnya 1-2 mm.
6. Gulung plastik hingga adonan terbungkus rapat, rapatkan ujung-ujung plastik, diamkan selama 30 menit supaya adonan lebih padat.
7. Setelah 30 menit, buka plastik dan tarik adonan hingga terlepas dari plastik. Potong-potong adonan menggunakan pisau atau gunting sesuai dengan selera dan bentuk yang diinginkan.
8. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan.
9. Masukkan potongan adonan ke dalam minyak goreng dan goreng hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Kembang goyang rasa keju siap disajikan. Kamu bisa memberikan sedikit gula bubuk pada kembang goyang rasa keju untuk menambah kelezatan dan kesegarannya.

Frequently Asked Questions

Apakah adonan kembang goyang bisa disimpan lama?

Ya, adonan kembang goyang bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk membungkus adonan dengan rapi dan simpan di dalam wadah yang kedap udara agar adonan tidak rusak atau basi.

Bisakah adonan kembang goyang dibuat tanpa menggunakan telur?

Bisa. Kamu dapat mengganti telur dengan air atau susu untuk membuat adonan kembang goyang. Namun, perlu diingat bahwa kembang goyang yang dihasilkan mungkin akan berbeda teksturnya jika tidak menggunakan telur.

Bagaimana cara membuat kembang goyang dengan bentuk yang berbeda?

Untuk membuat kembang goyang dengan bentuk yang berbeda, kamu bisa menggunakan cetakan yang berbeda atau membuat sendiri dari bahan pipih seperti kantong plastik yang diolesi minyak goreng lalu dibentuk sesuai selera.

Kenapa kembang goyang yang saya buat keras atau tidak renyah?

Hal ini bisa terjadi jika adonan terlalu kering atau terlalu basah. Pastikan adonan sesuai dengan takaran dan resep yang disarankan, serta jangan terlalu lama menguleni adonan agar tidak membuat adonan terlalu elastis.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat kembang goyang?

Waktu yang diperlukan untuk membuat kembang goyang sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung pada jumlah adonan yang dibuat serta tingkat kesulitan pembuatan bentuk yang diinginkan.

Mudah bukan cara membuat adonan kembang goyang? Jangan ragu untuk mencoba membuatnya di rumah, dan jangan lupa memperhatikan takaran dan resep yang ragu untuk menghasilkan kembang goyang yang lezat dan enak. Selamat mencoba!