Cara Membuat Adonan Cireng Isi Ayam yang Lezat dan Mudah

Adonan cireng adalah camilan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dalam minyak panas hingga kering dan garing. Biasanya, adonan cireng diisi dengan bahan-bahan seperti potongan tahu ataupun sayuran. Namun, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat adonan cireng isi ayam yang lezat dan mudah untuk disajikan sebagai camilan di berbagai kesempatan.

Untuk membuat adonan cireng isi ayam, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu, seperti tepung tapioka, ayam cincang, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam dan merica. Selain itu, kita juga memerlukan air hangat yang nantinya akan dicampur dengan tepung tapioka untuk membuat adonan cireng.

Langkah Pertama: Membuat Adonan Cireng

Langkah pertama dalam membuat adonan cireng isi ayam adalah dengan menyiapkan adonan cireng terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan tepung tapioka dengan air hangat secukupnya hingga tercampur rata. Pastikan tidak terlalu basah atau terlalu kering.

2. Ambil sedikit adonan cireng, lalu pipihkan dan beri sedikit tepung pada permukaannya agar tidak lengket.

3. Potong adonan cireng menjadi ukuran yang diinginkan, lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan dan garing.

Langkah- langkah tersebut merupakan cara membuat adonan cireng yang cukup sederhana. Setelah adonan cireng selesai digoreng, segera angkat dan tiriskan hingga minyak terserap.

Langkah Kedua: Membuat Isian Ayam

Setelah adonan cireng selesai kita buat, selanjutnya adalah membuat isian ayam yang akan kita masukkan ke dalam cireng. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat isian ayam:

1. Panaskan minyak di wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

2. Masukkan ayam cincang ke dalam wajan, lalu tumis hingga berwarna coklat keemasan.

3. Beri sedikit garam dan merica, aduk hingga rata.

4. Terakhir, masukkan daun bawang ke dalam tumisan ayam, aduk lagi hingga tercampur merata. Setelah itu, matikan api.

Isian ayam siap diisi ke dalam adonan cireng yang sudah kita buat sebelumnya.

Langkah Ketiga: Mengisi Adonan Cireng dengan Isian Ayam

Langkah terakhir adalah mengisi adonan cireng dengan isian ayam yang sudah kita buat sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah cara mengisi adonan cireng dengan isian ayam:

1. Buatlah lubang di cireng dengan cara memotong tengah-tengah adonan cireng.

2. Isi lubang tersebut dengan isian ayam yang sudah kita buat.

3. Tutup kembali adonan cireng yang sudah diisi dengan isian ayam, lalu pipihkan dan gulingkan kembali cireng dalam tepung.

4. Goreng kembali cireng yang sudah diisi isian ayam hingga kecoklatan dan garing.

Setelah itu, adonan cireng isi ayam siap untuk dinikmati sebagai camilan lezat.

Frequently Asked Questions

Apa saja bahan yang diperlukan dalam membuat adonan cireng isi ayam?

Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat adonan cireng isi ayam adalah tepung tapioka, ayam cincang, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam dan merica.

Bagaimana cara membuat adonan cireng?

Untuk membuat adonan cireng, campurkan tepung tapioka dengan air hangat secukupnya hingga tercampur rata. Pipihkan adonan cireng dan beri sedikit tepung pada permukaannya agar tidak lengket. Potong adonan cireng menjadi ukuran yang diinginkan, lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan dan garing.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat adonan cireng isi ayam?

Waktu yang diperlukan untuk membuat adonan cireng isi ayam sekitar 30-45 menit tergantung dari keterampilan dan pengalaman yang dimiliki.

Dapatkah cireng isi ayam disimpan di dalam lemari es?

Ya, cireng isi ayam dapat disimpan di dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum dihidangkan agar citarasa tetap terjaga.

Apakah adonan cireng isi ayam bisa diolah menjadi adonan cireng isi yang lain?

Iya, adonan cireng isi ayam dapat diolah menjadi adonan cireng isi yang lain dengan mengganti isian ayam dengan bahan seperti tahu, jagung, atau sayuran lainnya.